Sabtu, 31 Mei 2008

Syarat Profesional Sekretaris


Selama ini, orang cenderung mendeskripsikan seorang sekretaris sebagai sosok wanita berpenampilan cantik dan menarik. Anggapan ini jelas salah besar. Karena seorang sekretaris tidak melulu ahrus selorang wanita. Dan kalaupun ia wanita, tidak selalu harus cantik dan menarik.

Secara professional, ada sejumlah syarat seorang sekretaris yang baik.

  1. Personality. Di antaranya sabar, tekun, disiplin, tidak cepat menyerah, berpenampilan baik, jujur, loyal, pandai berbicara, sopan dan bisa menjaga image perusahannya.
  2. General Knowledge. Memiliki kemampuan memadai terhadap segala sesuatu perubahan dan perkembangan yang terjadi, terutama yang berkaitan dengan aktivitas organisasi.
  3. Special knowledge. Memiliki pengetahuan yang berkaitan khusus dengan posisinya sebagai seorang sekretaris.
  4. Skill and technic, di antaranya meliputi kemampuan mengetik, koresponednsi, stenografi (sekarang bukan syarat mutlak) dan kearsipan.
  5. Practice, kemampuan melaksanakan tugas seharu-hari seperti menerima telepon, menerima tamu, menyiapkan rapat, membuat agenda pimpinan dll/

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Dear Ibu Nani, ijinkan saya mengutip tulisan ibu untuk saya muat di blog saya.

Selain itu, saya ingin memperkenalkan OrangeHRM, sebuah aplikasi pengelolaan SDM yang saya kira dapat memberi nilai tambah pada komunitas Sekretaris Indonesia.

Besar harapan kami, ibu dapat membantu kami dalam memperkenalkan OrangeHRM kepada komunitas Sekretaris Indonesia.

nettiandy mengatakan...

dear ibu nani, ijinkan saya mengutip tulisan ibu untuk saya muat di blog saya sebagai tugas kuliah saya. trimakasih

The..Princess..Belle mengatakan...

ibu,saya ingin bertanay,saya mendapat pekerjaan sebagai sekertaris divis food and beverages,saya dari jurusan kuliah PR,apakah di tugas sy sbg sekretaris nanti sya harus membukukan laporna keungan dan harus menguasai excel atau standar laporna keuangan?saya sndiri mnguasai excel kurang baik,bagaimana cara supaya saya dapat mnjadi skretaris handal?kontrak sya 1 tahun,saya takut tidak dapat melaksanakan tugas saya.terimakasih.software apalagi yg harus saya pelajari?dan kemampuan mengetik sya biasa saja, 15 menit untk 1 halaman a4.jdi pantaskah saya?

The..Princess..Belle mengatakan...

ibu,saya ingin bertanay,saya mendapat pekerjaan sebagai sekertaris divis food and beverages,saya dari jurusan kuliah PR,apakah di tugas sy sbg sekretaris nanti sya harus membukukan laporna keungan dan harus menguasai excel atau standar laporna keuangan?saya sndiri mnguasai excel kurang baik,bagaimana cara supaya saya dapat mnjadi skretaris handal?kontrak sya 1 tahun,saya takut tidak dapat melaksanakan tugas saya.terimakasih.software apalagi yg harus saya pelajari?dan kemampuan mengetik sya biasa saja, 15 menit untk 1 halaman a4.jdi pantaskah saya?